Selasa, 03 November 2009

Tanya Jawab Tentang Tubuh Kita

Bagaimana kita bisa mempelajari tubuh ?

Ilmu pengetahuan kedokteran tiap tahun menggunakan ratusan alat dan mesin untuk mencari tahu lebih tentang tubuh kita. Mesin tersebut antara lain scanner (pemindai), pengujian kimiawi, mikroskop dan monitor elektris. Semua alat memberikan petunjuk berupa garis-garis gelombang kepada dokter untuk diperiksa.

Apakah organ itu ?

Organ tubuh termasuk jantung, otak, lambung dan ginjal adalah bagian – bagian struktur utama tubuh . organ terbesar tubuh adalah hati, organ terbesar keseluruhan tubuh adalah kulit. Biasanya beberapa bagian tubuh bekerjasama berupa system tubuh.

Apakah system tubuh itu ?

System tubuh adalah sekelompok dari bagian-bagian yang bekerjasama dalam melakukan sesuatu pekerjaan atau membantu menjaga tubuh agar bertahan hidup dan bekerjasama dengan baik.

Contoh jantung, pembuluh saluran darah dan darah membangun system peredaran darah. System ini memompa darah dari jantung keseluruh tubuh sampai apada bagian terkecil untuk memasok nutrisi penting seperti oksigen dan mengumpulkan limbah untuk dikeluarkan.

Bisakah bagian tubuh digantikan?

ada beberapa bagian tubuh dapat digantikan sehingga dapat bergerak dan berfungsi normal seperti yang seharusnya. Sebagian pembuluh darah juga bias digantikan dengan selang plastic sehingga dapat berfungsi normal. Organ dalam seperti jantung, ginjal dan hati serta organ luar seperti mata tangan dan kaki dapat dilakukan penggantian dengan melakukan transplantasi organ.

Apakah jaringan itu ?

Jaringan asalah kelompok atau kumpulan sel-sel mikroskospis sejenis ayng melakukan pekerjaan yang sama.

Contoh jaringan otot yang bias memendek dan memanjang untuk menghasilkan gerakan. Kebanyakan organ terdidi dari beberapa jaringan.

Apakah sel itu ?

Sel adalah bagian-bagian tubuh yang terkecil. Sel mirip susunan yang berukuran mikroskospis dalam berbagai bentuk dan ukuran yang melakukan pekerjaan berbeda-beda. Ada 200 jenis sel yang berbeda sperti sel saraf, sel otot dan sel darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar