Rabu, 11 November 2009

Kulit Kita

Saat kamu melihat tubuh manusia bagian yang terlihat adalah bagian tubuh yang mati. Rambut kulit dan kuku dulu terbentuk dari sel-sel hidup namun lama kelamaan akan mati dan terkelupas untuk kemudian digantikan dengan sel-sel ayng baru lagi. Satu-satunya organ hidup ayng benar tampak adalah mata.

Terbuat dari apa kulit itu?

Kulit terbuat dari milyaran sel mikroskospis. Sel-sel tersebut membentuk 2 lapisan yaitu epidermis dibagian luar dan dermis dibagian dalam atau bawahnya. Sel bagian luar lama-kelamaan akan mati dan terkelupas yang nantinya akan digantikan dengan sel di bawahnya. Epidermis keras dan sulit untuk mengelupas sedangkan dermis lebih tebal dan mengandung jutaan sensor mikroskospis yang mengenali berbagai jenis sentuhan pada kulit.

Mengapa kulit tidak terkikis?

Kulit dapat terkikis tetapi kulit selalu tumbuh untuk menggantikan bagian yang terlepas dan terkikis. Sel kulit yang terkecil pada epidermis terus bertambah untuk menghasilkan lebih banyak sel. Sel-sel ini berangsur-angsur naik, terisi zat keras yang disebut keratin ketika mati, membentuk permukaan yang sulit rusak. Seluruh permukaan kulit lama-kelamaan mengelupas dan berganti setiap 4 minggu.

Seberapa tipiskah kulit?

Kulit kita memiliki ketebalan antara 0.5 sampai 5 mm. kulit paling tipis terdapat kelopak mata dan bagian tubuh lainnya yang lunak dan sensitive. Kulit yang paling tebal terdapat pada telapak kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar